Kamis, 05 Mei 2011

RPP SKI kelas III


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Madrasah
: MIBU Badas
Mata Pelajaran
: SKI
Kelas   / Semester
: III / 1
Standar Kompetensi
: Kemampuan mengenal, mengidentifikasi sejarah masyarakat Arab
  pra Islam, sejarah kelahiran dan sejarah kerasulan Nabi Muhammad
  SAW serta dapat mengambil ibrahnya.

Kompetensi Dasar
: Mendeskripsikan kondisi masyarakat Arab pra Islam.
Indikator       
:
·         Menjelaskan kepercayaan masyarakat Arab sebelum Islam.
·         Menjelaskan adat istiadat masyarakat Arab menjelang kehadiran Nabi Muhammad SAW.
·         Menghindari kebiasaan tercela yang dilakukan masyarakat Arab pra Islam
·         Menceritakan kejadian sekitar kelahiran Nabi Muhammad SAW
·         Menceritakan kejadian luar biasa pada Nabi Muhammad SAW semasa kanak-kanak
Alokasi Waktu
: 4 x 35 menit
A. Tujuan Pembelajaran
:  Siswa dapat
  1. Menyebutkan kepercayaan masyarakat arab sebelum islam dengan baik dan benar
  2. Menyebutkan adat istiadat masyarakat arab pra islam dengan benar
  3. Menceritakan kejadian sekitar kelahiran nabi Muhammad SAW dengan baik dan benar 
  4. Menceritakan masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW dengan baik dan benar 
  5. Menceritakan kejadian luar biasa pada Nabi Muhammad 
            dengan baik dan benar 
B.  Materi Pokok 
: Masyarakat Arab pra Islam
1.   Kepercayaan masyarakat Arab sebelum Islam.
2.   Adat istiadat masyarakat Arab sebelum Islam.
3.   Kelahiran Nabi Muhammad SAW dan penyerangan pasukan bergajah.
4.   Muhammad SAW pada masa kanak-kanak.
5.   Kejadian-kejadian luar biasa.
C.  Metode Pembelajaran
: Ceramah
 Tanya jawab
  Short Card
  Informasi
  Pemberian tugas
  Ibrah
  Demontrasi
D. Langkah-langkah Pembelajaran  :
Pertemuan ke-1-4
4 x 35 menit
I. Kegiatan Pendahuluan         :
1. Salam
2. Motivasi dan Apersepsi
3. Menyampaikan Indikator dan Tujua
II. Kegiatan Inti                       :
1.      Melihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang kepercayaan masyarakat arab sebelum islam yang dipandu oleh guru
2.      Membentuk kelas menjadi beberapa kelompok
3.      Menemukan adat istiadat dan kepercayaan bangsa arab sebelum datangnya islam
4.      Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari kebiasaan dan kepercayaan masyarakat arab pra islam
5.      Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kepercayaan dan kebiasaan masyarakat arab sebelum datangnya islam secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang menceritakan
6.      Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali di depan kelas
7.      Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok
8.      Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru
III. Kegiatan Penutup             :
1.      Memberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya
2.      Berdo’a




E. Sumber Belajar
: Buku Paket SKI Kelas III, alat peraga dan sumber yang relevan
F. Penilaian
: Tertulis , Tes lisan dan demonstrasi

Instrumen penilaian :

  1. Apa saja agama/kepercayaan yang dianut bangsa Arab sebelum islam datang dibawa oleh nabi Muhammad SAW ?
  2. Apa saja kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat arab sebelum islam ?



Jombang,
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran/Kelas III
Kepala Madrasah





____________________                                                         ________________________





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Madrasah
: …………………………………………………………………...
Mata Pelajaran
: SKI
Kelas   / Semester
: III / 1
Standar Kompetensi
: Kemampuan mengenal, mengidentifikasi sejarah masyarakat Arab
  pra Islam, sejarah kelahiran dan sejarah kerasulan Nabi Muhammad
  SAW serta dapat mengambil ibrahnya.

Kompetensi Dasar
: Mendeskripsikan kondisi masyarakat Arab pra Islam.
Indikator       
:
·         Menjelaskan kepercayaan masyarakat Arab sebelum Islam.
·         Menjelaskan adat istiadat masyarakat Arab menjelang kehadiran Nabi Muhammad SAW.
·         Menghindari kebiasaan tercela yang dilakukan masyarakat Arab pra Islam
·         Menceritakan kejadian sekitar kelahiran Nabi Muhammad SAW
·         Menceritakan kejadian luar biasa pada Nabi Muhammad SAW semasa kanak-kanak
Alokasi Waktu
: 8 x 35 menit
A. Tujuan Pembelajaran
:  Siswa dapat
  1. nyebutkan kepercayaan masyarakat arab sebelum islam dengan baik dan benar
  2. nyebutkan adat istiadat masyarakat arab pra islam dengan benar
  3. Menceritakan kejadian sekitar kelahiran nabi Muhammad SAW dengan baik dan benar 
  4. Menceritakan masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW dengan baik dan benar 
  5. Menceritakan kejadian luar biasa pada Nabi Muhammad 
            dengan baik dan benar 
B.  Materi Pokok 
: Masyarakat Arab pra Islam
  1. percayaan masyarakat Arab sebelum Islam.
  2. adat istiadat masyarakat Arab sebelum Islam.
  3. Kelahiran Nabi Muhammad SAW dan penyerangan pasukan bergajah.
  4. Muhammad SAW pada masa kanak-kanak.
  5. Kejadian-kejadian luar biasa.
C.  Metode Pembelajaran
: Tanya jawab
  Short Card
  Informasi
  Pemberian tugas
  Ibrah
  Demontrasi
D. Langkah-langkah Pembelajaran  :
Pertemuan ke-5-12
8 x 35 menit
I. Kegiatan Pendahuluan         :
1. Salam
2. Berdoa
II. Kegiatan Inti                       :
1.      ihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang kejadian sekitar kelahiran Nabi Muhammad yang dipandu oleh guru
2.      Membentukkelas menjadi beberapa kelompok
3.      Menemukan beberapa kejadian sekitar kelahiran Nabi Muhammad (penyerangan ka’bah oleh raja abrohah dll)
4.      Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari beberapa kejadian sekitar kelahiran Nabi Muhammad (penyerangan ka’bah oleh raja abrohah dll)
5.      Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kepercayaan dan kebiasaan masyarakat arab sebelum datangnya islam secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang bercerita secara bergantian
6.      Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali di depan kelas melalui wakil kelompok yang disepakati
7.      Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok
8.      Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru
9.      Mengajukan hasil kerja untuk penilaian
III. Kegiatan Penutup             :
1.      mberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya
2.      do’a




E. Sumber Belajar
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang relevan
F. Penilaian
: Tertulis , Tes lisan dan demonstrasi

Instrumen penilaian :

  1. Apa saja kejadian yang mengawali sebelum lahirnya Nabi Muhammad
  2. Kejadian apa yang terjadi pada Nabi Muhammad ketika masih kecil ?
  3. Kejadian apa yang ditunjukan  secara luar biasa pada saat Muhammad masih kanak-kanak !



Jombang,
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran/Kelas III
Kepala Madrasah





____________________                                                         ________________________




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Madrasah
: …………………………………………………………………...
Mata Pelajaran
: SKI
Kelas   / Semester
: III / 2
Standar Kompetensi
: Kemampuan mengenal, mengidentifikasi sejarah masyarakat Arab
  pra Islam, sejarah kelahiran dan sejarah kerasulan Nabi Muhammad
  SAW serta dapat mengambil ibrahnya.

Kompetensi Dasar
: Menunjukkan bukti-bukti kerasulan (mukjizat) Nabi Muhammad    SAW..
Indikator       
:
·         Menjelaskan proses turunnya wahyu pertama.
·         Menjelaskan cara Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah kepada keluarga, kerabat dan penduduk Makkah.
·         Menyebutkan para sahabat Nabi Muhammad yang pertama kali masuk Islam (Assabiqunal Awwalun).
·         Mencontoh Nabi yang tak bergaul dengan mereka yang berakhlak buruk.
·         Menyebutkan bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad.
·         Memilih Rasulullah sebagai nabi terbesar.
Alokasi Waktu
: 12 x 35 menit
A. Tujuan Pembelajaran
:  Siswa dapat
  1. Menyebutkan proses turunya wahyu pertama dengan baik dan benar
  2. Menyebutkan cara-cara berdakwah nabi muhammad kepada keluarga, kerabat dan penduduk mekkah  dengan benar
  3. Menceritakan Sahabat Nabi Muhammad SAW yang pertama kali masuk islam (Assabiqunal Awwalun) dengan baik dan benar 
  4. Menceritakan akhlaq Nabi Muhammad SAW dalam bergaul dengan baik dan benar 
  5. Menceritakan bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad 
            dengan baik dan benar 
      6.   Memilih Rasulullah sebagai nabi terbesar
B.  Materi Pokok 
: Diutusnya Nabi Muhammad SAW
1.      Kebiasaan bertafakur ke gua Hira.
2.      Turunnya wahyu pertama.
3.      Dakwah pada masa permulaan.
4.      Para sahabat yang pertama masuk Islam.
5.      Pengucilan dan pemboikotan.
6.      Bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad.

C.  Metode Pembelajaran
: Tanya jawab
  Short Card
  Informasi
  Pemberian tugas
  Ibrah
  Demontrasi
D. Langkah-langkah Pembelajaran  :
Pertemuan ke-1-3
3 x 35 menit
I. Kegiatan Pendahuluan         :
1. Salam
2. Berdoa
II. Kegiatan Inti                       :
1.      Melihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang kejadian sekitar turunya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW yang dipandu oleh guru
2.      Membentuk kelas menjadi beberapa kelompok
3.      Menemukan beberapa kejadian sekitar turunya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad
4.      Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari beberapa kejadian sekitar turunya wahyu pertama Nabi Muhammad
5.      Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kejadian turunya wahyu pertama kepada Nabi muhammad SAW secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang bercerita secara bergantian
6.      Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali di depan kelas melalui wakil kelompok yang disepakati
7.      Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok
8.      Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru
9.      Mengajukan hasil kerja untuk penilaian
III. Kegiatan Penutup             :
3.      memberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya
4.      do’a
Pertemuan ke-4-5
2 x 35 menit
I. Kegiatan Pendahuluan         :
1. Salam
2. Berdoa
II. Kegiatan Inti                       :
1.      Melihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang kejadian sekitar cara-cara dakwah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW (Sembunyi-sembunyi dan terang-terangan) yang dipandu oleh guru
2.      Membentuk kelas menjadi beberapa kelompok
3.      Menemukan beberapa sekitar cara-cara dakwah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW (Sembunyi-sembunyi dan terang-terangan)
4.      Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari beberapa kejadian sekitar cara-cara dakwah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW (Sembunyi-sembunyi dan terang-terangan)
5.      Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kejadian sekitar cara-cara dakwah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW (Sembunyi-sembunyi dan terang-terangan) secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang bercerita secara bergantian
6.      Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali sekitar cara-cara dakwah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW (Sembunyi-sembunyi dan terang-terangan) di depan kelas melalui wakil kelompok yang disepakati
7.      Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok
8.      Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru
9.      Mengajukan hasil kerja untuk penilaian
III. Kegiatan Penutup             :
1.      memberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya
2.      do’a
Pertemuan ke-6-8
3 x 35 menit
I. Kegiatan Pendahuluan         :
1. Salam
2. Berdoa
II. Kegiatan Inti                       :
1.      Melihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang kejadian Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW yang pertama kali masuk islam (Assabiqunal Awwalun)yang dipandu oleh guru
2.      Membentuk kelas menjadi beberapa kelompok
3.      Menemukan beberapa kejadian Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW yang pertama kali masuk islam (Assabiqunal Awwalun)
4.      Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari beberapa kejadian Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW yang pertama kali masuk islam (Assabiqunal Awwalun)
5.      Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kejadian Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW yang pertama kali masuk islam (Assabiqunal Awwalun)  secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang bercerita secara bergantian
6.      Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali di depan kelas melalui wakil kelompok yang disepakati
7.      Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok
8.      Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru
9.      Mengajukan hasil kerja untuk penilaian
III. Kegiatan Penutup             :
1.      memberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya
2.      do’a
Pertemuan ke-9-12
3 x 35 menit
I. Kegiatan Pendahuluan         :
1. Salam
2. Berdoa
II. Kegiatan Inti                       :
1.      Melihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang akhlaq Nabi Muhammad SAW dalam bergaul dan bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad   dengan baik dan benar  yang dipandu oleh guru
2.      Membentuk kelas menjadi beberapa kelompok
3.      Menemukan beberapa akhlaq Nabi Muhammad SAW dalam bergaul dan bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad 
4.      Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari beberapa akhlaq Nabi Muhammad SAW dalam bergaul dan bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad 
5.      Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kejadian Sahabat- akhlaq Nabi Muhammad SAW dalam bergaul dan bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad  secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang bercerita secara bergantian
6.      Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali di depan kelas melalui wakil kelompok yang disepakati
7.      Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok
8.      Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru
9.      Mengajukan hasil kerja untuk penilaian
III. Kegiatan Penutup             :
1.      memberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya
2.      Menekankan keutamaan Nbi Muhammad sebagai Nabi terbesar
3.      do’a


E. Sumber Belajar
: Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang relevan
F. Penilaian
: Tertulis , Tes lisan dan demonstrasi

Instrumen penilaian :

  1. Apa saja kejadian yang mengawali dakwah Nabi Muhammad?
  2. Apa saja cara yang dilakukan Nabi dalam melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi?
  3. Dimana Nabi melakukan dakwah secara sembunyi-sembunyi?
  4. Siapa saja sahabat yang masuk islam pertama kali ?
  5. Apa saja cara yang dilakukan Nabi dalam berdakwah secara terang-terangan ?
  6. Dimanakah Nabi menerima wahyu pertama kali ?
  7. Siapa yang menenangkan hati nabi setelah menerima wahyu pertama ?
  8. bagaimana akhlak nabi ketika bergaul dan memilih teman ?
  9. Apa saja bukti-bukti kerasulan Muhammad ?
  10. Mengapa Muhammad dinobatkan sebagai Nabi terbesar sepanjang zaman ?



Jombang,
Mengetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran/Kelas III
Kepala Madrasah





____________________                                                         ________________________



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar