RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah | : MIBU Badas |
Mata Pelajaran | : SKI |
Kelas / Semester | : III / 1 |
Standar Kompetensi | : Kemampuan mengenal, mengidentifikasi sejarah masyarakat Arab pra Islam, sejarah kelahiran dan sejarah kerasulan Nabi Muhammad SAW serta dapat mengambil ibrahnya. |
Kompetensi Dasar | : Mendeskripsikan kondisi masyarakat Arab pra Islam. |
Indikator | : · Menjelaskan kepercayaan masyarakat Arab sebelum Islam. · Menjelaskan adat istiadat masyarakat Arab menjelang kehadiran Nabi Muhammad SAW. · Menghindari kebiasaan tercela yang dilakukan masyarakat Arab pra Islam · Menceritakan kejadian sekitar kelahiran Nabi Muhammad SAW · Menceritakan kejadian luar biasa pada Nabi Muhammad SAW semasa kanak-kanak |
Alokasi Waktu | : 4 x 35 menit |
A. Tujuan Pembelajaran | : Siswa dapat
dengan baik dan benar |
B. Materi Pokok | : Masyarakat Arab pra Islam 1. Kepercayaan masyarakat Arab sebelum Islam. 2. Adat istiadat masyarakat Arab sebelum Islam. 3. Kelahiran Nabi Muhammad SAW dan penyerangan pasukan bergajah. 4. Muhammad SAW pada masa kanak-kanak. 5. Kejadian-kejadian luar biasa. |
C. Metode Pembelajaran | : Ceramah Tanya jawab Short Card Informasi Pemberian tugas Ibrah Demontrasi |
D. Langkah-langkah Pembelajaran : | |
Pertemuan ke-1-4 | 4 x 35 menit |
I. Kegiatan Pendahuluan : | 1. Salam 2. Motivasi dan Apersepsi 3. Menyampaikan Indikator dan Tujua |
II. Kegiatan Inti : | 1. Melihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang kepercayaan masyarakat arab sebelum islam yang dipandu oleh guru 2. Membentuk kelas menjadi beberapa kelompok 3. Menemukan adat istiadat dan kepercayaan bangsa arab sebelum datangnya islam 4. Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari kebiasaan dan kepercayaan masyarakat arab pra islam 5. Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kepercayaan dan kebiasaan masyarakat arab sebelum datangnya islam secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang menceritakan 6. Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali di depan kelas 7. Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok 8. Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru |
III. Kegiatan Penutup : | 1. Memberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya 2. Berdo’a |
| |
| |
E. Sumber Belajar | : Buku Paket SKI Kelas III, alat peraga dan sumber yang relevan |
F. Penilaian | : Tertulis , Tes lisan dan demonstrasi |
| Instrumen penilaian : |
|
|
Jombang,
Mengetahui Guru Mata Pelajaran/Kelas III
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah | : …………………………………………………………………... |
Mata Pelajaran | : SKI |
Kelas / Semester | : III / 1 |
Standar Kompetensi | : Kemampuan mengenal, mengidentifikasi sejarah masyarakat Arab pra Islam, sejarah kelahiran dan sejarah kerasulan Nabi Muhammad SAW serta dapat mengambil ibrahnya. |
Kompetensi Dasar | : Mendeskripsikan kondisi masyarakat Arab pra Islam. |
Indikator | : · Menjelaskan kepercayaan masyarakat Arab sebelum Islam. · Menjelaskan adat istiadat masyarakat Arab menjelang kehadiran Nabi Muhammad SAW. · Menghindari kebiasaan tercela yang dilakukan masyarakat Arab pra Islam · Menceritakan kejadian sekitar kelahiran Nabi Muhammad SAW · Menceritakan kejadian luar biasa pada Nabi Muhammad SAW semasa kanak-kanak |
Alokasi Waktu | : 8 x 35 menit |
A. Tujuan Pembelajaran | : Siswa dapat
dengan baik dan benar |
B. Materi Pokok | : Masyarakat Arab pra Islam
|
C. Metode Pembelajaran | : Tanya jawab Short Card Informasi Pemberian tugas Ibrah Demontrasi |
D. Langkah-langkah Pembelajaran : | |
Pertemuan ke-5-12 | 8 x 35 menit |
I. Kegiatan Pendahuluan : | 1. Salam 2. Berdoa |
II. Kegiatan Inti : | 1. ihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang kejadian sekitar kelahiran Nabi Muhammad yang dipandu oleh guru 2. Membentukkelas menjadi beberapa kelompok 3. Menemukan beberapa kejadian sekitar kelahiran Nabi Muhammad (penyerangan ka’bah oleh raja abrohah dll) 4. Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari beberapa kejadian sekitar kelahiran Nabi Muhammad (penyerangan ka’bah oleh raja abrohah dll) 5. Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kepercayaan dan kebiasaan masyarakat arab sebelum datangnya islam secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang bercerita secara bergantian 6. Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali di depan kelas melalui wakil kelompok yang disepakati 7. Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok 8. Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru 9. Mengajukan hasil kerja untuk penilaian |
III. Kegiatan Penutup : | 1. mberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya 2. do’a |
| |
| |
E. Sumber Belajar | : Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang relevan |
F. Penilaian | : Tertulis , Tes lisan dan demonstrasi |
| Instrumen penilaian : |
|
|
Jombang,
Mengetahui Guru Mata Pelajaran/Kelas III
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah | : …………………………………………………………………... |
Mata Pelajaran | : SKI |
Kelas / Semester | : III / 2 |
Standar Kompetensi | : Kemampuan mengenal, mengidentifikasi sejarah masyarakat Arab pra Islam, sejarah kelahiran dan sejarah kerasulan Nabi Muhammad SAW serta dapat mengambil ibrahnya. |
Kompetensi Dasar | : Menunjukkan bukti-bukti kerasulan (mukjizat) Nabi Muhammad SAW.. |
Indikator | : · Menjelaskan proses turunnya wahyu pertama. · Menjelaskan cara Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah kepada keluarga, kerabat dan penduduk Makkah. · Menyebutkan para sahabat Nabi Muhammad yang pertama kali masuk Islam (Assabiqunal Awwalun). · Mencontoh Nabi yang tak bergaul dengan mereka yang berakhlak buruk. · Menyebutkan bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad. · Memilih Rasulullah sebagai nabi terbesar. |
Alokasi Waktu | : 12 x 35 menit |
A. Tujuan Pembelajaran | : Siswa dapat
dengan baik dan benar 6. Memilih Rasulullah sebagai nabi terbesar |
B. Materi Pokok | : Diutusnya Nabi Muhammad SAW 1. Kebiasaan bertafakur ke gua Hira. 2. Turunnya wahyu pertama. 3. Dakwah pada masa permulaan. 4. Para sahabat yang pertama masuk Islam. 5. Pengucilan dan pemboikotan. 6. Bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad. |
C. Metode Pembelajaran | : Tanya jawab Short Card Informasi Pemberian tugas Ibrah Demontrasi |
D. Langkah-langkah Pembelajaran : | |
Pertemuan ke-1-3 | 3 x 35 menit |
I. Kegiatan Pendahuluan : | 1. Salam 2. Berdoa |
II. Kegiatan Inti : | 1. Melihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang kejadian sekitar turunya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW yang dipandu oleh guru 2. Membentuk kelas menjadi beberapa kelompok 3. Menemukan beberapa kejadian sekitar turunya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad 4. Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari beberapa kejadian sekitar turunya wahyu pertama Nabi Muhammad 5. Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kejadian turunya wahyu pertama kepada Nabi muhammad SAW secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang bercerita secara bergantian 6. Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali di depan kelas melalui wakil kelompok yang disepakati 7. Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok 8. Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru 9. Mengajukan hasil kerja untuk penilaian |
III. Kegiatan Penutup : | 3. memberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya 4. do’a |
Pertemuan ke-4-5 | 2 x 35 menit |
I. Kegiatan Pendahuluan : | 1. Salam 2. Berdoa |
II. Kegiatan Inti : | 1. Melihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang kejadian sekitar cara-cara dakwah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW (Sembunyi-sembunyi dan terang-terangan) yang dipandu oleh guru 2. Membentuk kelas menjadi beberapa kelompok 3. Menemukan beberapa sekitar cara-cara dakwah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW (Sembunyi-sembunyi dan terang-terangan) 4. Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari beberapa kejadian sekitar cara-cara dakwah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW (Sembunyi-sembunyi dan terang-terangan) 5. Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kejadian sekitar cara-cara dakwah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW (Sembunyi-sembunyi dan terang-terangan) secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang bercerita secara bergantian 6. Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali sekitar cara-cara dakwah yang ditempuh Nabi Muhammad SAW (Sembunyi-sembunyi dan terang-terangan) di depan kelas melalui wakil kelompok yang disepakati 7. Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok 8. Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru 9. Mengajukan hasil kerja untuk penilaian |
III. Kegiatan Penutup : | 1. memberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya 2. do’a |
Pertemuan ke-6-8 | 3 x 35 menit |
I. Kegiatan Pendahuluan : | 1. Salam 2. Berdoa |
II. Kegiatan Inti : | 1. Melihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang kejadian Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW yang pertama kali masuk islam (Assabiqunal Awwalun)yang dipandu oleh guru 2. Membentuk kelas menjadi beberapa kelompok 3. Menemukan beberapa kejadian Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW yang pertama kali masuk islam (Assabiqunal Awwalun) 4. Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari beberapa kejadian Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW yang pertama kali masuk islam (Assabiqunal Awwalun) 5. Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kejadian Sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW yang pertama kali masuk islam (Assabiqunal Awwalun) secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang bercerita secara bergantian 6. Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali di depan kelas melalui wakil kelompok yang disepakati 7. Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok 8. Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru 9. Mengajukan hasil kerja untuk penilaian |
III. Kegiatan Penutup : | 1. memberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya 2. do’a |
Pertemuan ke-9-12 | 3 x 35 menit |
I. Kegiatan Pendahuluan : | 1. Salam 2. Berdoa |
II. Kegiatan Inti : | 1. Melihat, menyimak dan memperhatikan cerita tentang akhlaq Nabi Muhammad SAW dalam bergaul dan bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad dengan baik dan benar yang dipandu oleh guru 2. Membentuk kelas menjadi beberapa kelompok 3. Menemukan beberapa akhlaq Nabi Muhammad SAW dalam bergaul dan bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad 4. Melalui sort card dalam kelompok masing-masing siswa mencari beberapa akhlaq Nabi Muhammad SAW dalam bergaul dan bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad 5. Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri kejadian Sahabat- akhlaq Nabi Muhammad SAW dalam bergaul dan bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad secara kelompok dalam kelompok ada yang menyimak ada yang bercerita secara bergantian 6. Masing-masing kelompok maju menceritakan kembali di depan kelas melalui wakil kelompok yang disepakati 7. Guru mengoreksi sistematika/urutan peristiwa dan kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok 8. Secara individu menulis kembali yang telah diceritakan masing-masing kelompok dan penekanan dari guru 9. Mengajukan hasil kerja untuk penilaian |
III. Kegiatan Penutup : | 1. memberikan penegasan kandungan cerita dan hikmahnya 2. Menekankan keutamaan Nbi Muhammad sebagai Nabi terbesar 3. do’a |
| |
E. Sumber Belajar | : Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas I, Alat peraga, dll yang relevan |
F. Penilaian | : Tertulis , Tes lisan dan demonstrasi |
| Instrumen penilaian : |
|
|
Jombang,
Mengetahui Guru Mata Pelajaran/Kelas III
Kepala Madrasah
____________________ ________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar